Monday, August 15, 2011

KEBANGKITAN YESUS

           Kebangkitan adalah suatu pembaharuan hidup dari cara hidup yang lama, penuh dosa menjadi cara hidup yang baru yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Dalam kebangkitan mengubah bencana menjadi kemenangan. Setelah kebangkitan ini telah mengubah hidup para murid yakni  mereka tidak menjadi takut tetapi justru menjadi berani dan bersedia mati untuk mewartakan Kerajaan Allah.
Adapun kesaksian/ bukti tentang kebangkitan Yesus di dukung dengan kisah penampakkan Yesus lainnya dan untuk mengerti akan penampakkan Yesus ini ditunt untuk memiliki sikap percaya contohnya kisah:
a.    Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya (Yohanes 20:19-23)
b.    Yesus menampakkan diri kepada Tomas (Yohanes 20:24-29) 
c.    Yesus menampakkan diri di jalan Emaus ( Lukas 24:13-35)

Selain dari beberapa penampakan Yesus kepada para murid-Nya seperti tersebut diatas, ada beberapa bukti lain dari kebangkitan Yesus sebagaimana dikisahkan dalam Kitab Suci yaitu: a) Pada saat para murid yang melihat kubur Yesus terbuka dan kosong (Yohanes 20: 1-10),  b) Kain kafan Yesus yang tertinggal c) Berita malaikat yang mengatakan Yesus sudah bangkit

Melalui kebangkitan Yesus, orang-orang tidak hanya mengenang karya dan ajaran-Nya, tetapi menjadikan Dia sebagai kekuatan hidup sehari-hari. Kehadiran Yesus mampu membuat orang tidak hanya membuat orang meneruskan karya-Nya, melainkan secara kreatif melakukannya. Kebangkitan Yesus merupakan pembenaran dari Allah terhadap Sabda dan karya-Nya; pembenaran terhadap perjuangan Yesus Kristus itu. Kebangkitan Yesus adalah permulaan dari corak kehidupan baru, kelahiran baru dan permulaan suatu kehidupan yang lebih mulia dan Yesus sendiri sebagai “ciptaan baru”, yang datang dari Allah. 

MAKNA KEBANGKITAN YESUS
            Kebangkitan berarti suatu pembaharuan hidup dari cara hidup lama yang penuh dengan dosa menjadi cara hidup yang baru yang sesuai dengan kehendak Allah. Dalam Rm 1:4 Paulus berkata bahwa Yesus “Oleh kebangkitan Nya dari antara orang mati dinyatakan Anak Allah yang berkuasa”. Dengan kebangkitan menjadi jelas bahwa Yesus sungguh diutus oleh Allah dan Yesus bukan pendosa.
            Dalam 1 kor 15:20: mengatakan bahwa “ Kristus dibangkitkan dari antara orang mati sebagai yang sulung dari orang – orang yang telah meninggal”. Kebangkitan adalah inti pokok dari keselamatan dan dasar iman serta harapan kita..Kebangkitan menamdakan adanya sikap pengampunan, perhatian dan perdamaian. Hal ini tampak dari perkataan Yesus : “ jaangan takut…”, “ Damai sejahtera bagi kamu”. Yesus mengajak kita untuk tidak mempunyai sifat mendendam tetapi hendaknya kita saling mengampuni satu dengan yang lain.
           Maka nilai-nilai yang terkandung dari makna kebangkitan Yesus bagi kita yakni kita bangkit dari kelemahan dari dosa yakni meninggalkan cara hidup yang lama menuju    hidup yang baru dengan sikap peduli terhadap orang lain, tidak mudah menyalahkan orang lain, tidak mudah putus asa dan percaya.serta menjadi orang yang selalu bersyukur dan mudah berterima kasih. 
Dengan demikian dapatlah kita katakana bahwa makna dari kebangkitan Yesus adalah :
a.    Kebangkitan Yesus merupakan pembenaran dari Allah terhadap Sabda dan karya-Nya, pembenaran terhadap perjuangan Yesus Kristus.
b.    Kebangkitan Yesus adalah permulaan dari corak kehidupan baru, kelahiran baru, dan permulaan suatu kehidupan yang lebih mulia.

Dengan kebangkitan-Nya, kitapun diajak oleh tuhan Yesus untuk senantiasa mau bangkit kembali jika mengalami kejatuhan, kesulitan ataupun kegagalan.

0 comments:

Post a Comment

 

Free Blog Templates

waaahhhh!!!!!

aYo dong...!! anaK-aNak yanG udaH kLas 6 SD.. dn bnguNg mu msK skoLah apa yang cck dn seru...!!! gak sah salah kLu masuK " SMP-K PERMATA BUNDA"....



kAMU bisa liat keserUaan dan kegiatann seteLah kamu gabung di skolah ini.....



Ayo...!

Bila anda punya facbook, ikut page kami, di :

http://www.facebook.com/pages/SMP-K-Permata-Bunda/116890821658337?created


Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by PERMATA BUNDA CATHOLIC JUNIOR HIGH SCHOOL "TERAKREDITASI A" | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks